Minggu, 30 Juni 2013

Indonesian people? You are required to read this!


Suatu pagi kami jemput client, seorang pengusaha asal Singapura. Logat bicaranya gaya melayu & english. Beliau menceritakan banyak hal pada kami. "Your country is so rich!" (negaramu sangat kaya)

Dalam hatiku, "ah biasa banget denger kalimat itu."
Tapi tunggu, dia berkata, "Indonesia doesn't need the world, but the world needs Indonesia. Everything can be found there." (Dunia yg butuh Indonesia, bukan sebaliknya).

Indonesia paru-paru dunia. Tebang saja hutan di Kalimantan, dunia pasti kacau. Singapura is nothing, we can't be rich without Indonesia. 500.000 orang berlibur ke Singapura tiap bulan, bisa terbayang uang yang masuk ke negara kami? Apartemen-apartemen kami yg baru yg membeli orang Indonesia, tidak peduli harga selangit. Lihatlah RS kami, isinya Indonesia semua. Terus apa kalian tau bagaimana kalapnya pemerintah kami saat asap kebakaran hutan Indonesia masuk? Sangat terasa, we are nothing!

Kalian tau kan dunia sempat krisis beras? Tapi kalian dengan mudah mendapatkan beras! Lihatlah negara kalian, air bersih melimpah! Tapi di negara kami? Air saja kami impor dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dalam rangka bisnis, karena disana pasirnya mengandung permata. Terlihat glitter kalau ada sinar matahari. Penambang jual Rp 3rb/kg ke pabrik China, si pabrik jual kembali Rp 30rb/kg

Kalian sadar tidak kalau negara-negara lain selalu takut mengembargo kalian? Ya, karena negara kalian punya segalanya! Mereka takut kalau kalian menjadi mandiri, makanya tidak diembargo. Harusnya KALIANLAH YANG MENGEMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI. Belilah pangan dari petani-petani kita sendiri. Belilah tekstil garmen dari pabrik sendiri. Tak perlu impor kalau bisa produk sendiri. Jika kalian bisa mandiri, bisa mengembargo diri sendiri, INDONESIA WILL RULE THE WORLD! (Indonesia akan mengatur dunia).

Save Indonesia!